Jumat, 02 Februari 2018

Fiorentina adalah Tim Paling Kreatif kelima di Eropa

Ya, Anda tidak salah baca. Dalam sebuah artikel oleh Mohamed Moallim dari Squawka , Fiorentina menduduki peringkat kelima sebagai tim paling kreatif di Eropa. Di urutan nomor 1 - 4 berturut turut adalah Bayern Munchen, Real Madrid, Napoli dan AS Roma.

Ini mungkin mengejutkan banyak orang karena seperti yang kita tahu Fiorentina saat ini mengalami musim yang sulit. Pengurutan peringkat tim paling kreatif ini didasarkan pada statistik peluang yang diciptakan pada seluruh pertandingan yang dilalui musim 2017/2018, dimana hal ini menjadi sangat menarik karena meskipun kreatf dalam menciptakan peluang namun artikel menunjukkan bahwa Fiorentina tidak benar-benar memanfaatkan peluang ini. La Viola menciptakan peluang dengan statistik 13,65 per game. Total pada musim ini, Fiorentina telah menciptakan 273 peluang dan hanya mencetak 29 gol dari peluang tersebut. Hal ini berarti bahwa Fiorentina hanya mengkonversi sekitar 10,6% dari peluang yang diciptakan. Jika ada fans Fiorentina yang senang dengan angka itu, mereka seharusnya tidak boleh menjadi Fiorentini.

Catatan positif dari statistik ini adalah bahwa taktik Stefano Pioli bekerja, hanya "kurang beruntung" di penyelesaian akhir. Di 10 besar tim terkreatif tersebut, di bawah Fiorentina ada  PSG, Liverpool, Inter Milan, Tottenham dan Manchester City. Dari 10 tim tersebut, hanya Fiorentina satu-satunya klub yang tidak bermain di Eropa. 

Catatan lainnya adalah Cristiano Biraghi adalah pemain dengan penciptaan peluang terbanyak di Fiorentina. Salah satunya mungkin karena taktik Pioli yang menyerahkan semua tendangan bebas kepadanya, namun intinya bahwa sebenarnya Biraghi melaksanakan tugasnya dengan baik. Sejauh ini Biraghi sendiri telah menciptakan 37 peluang meskipun tidak keseluruhan peluang tersebut merupakan peluang bagus.

Dan hal yang patut menjadi bahan evaluasi dari artikel ini adalah meski Fiorentina mendapatkan banyak peluang namun banyak yang tidak berbuah menjadi gol. Ini adalah statistik yang perlu diubah. Pemain seperti Giovanni Simeone, Cyril Thereau , Federico Chiesa, Riccardo Saponara dan Gil Dias perlu tampil lebih baik. Jika mereka rajin mencetak gol dengan memanfaatkan peluang dengan bagus, maka Fiorentina akan mendapat tempat yang semestinya di klasemen Serie A, zona eropa atau bersaing menuju peringkat 4.

Selalu menyenangkan untuk membaca sebuah artikel positif yang menunjukkan sesuatu yang dilakukan Fiorentina dengan baik, namun bisa membuat kita bersedih jika dalam artikel yang positif tersebut tersirat makna tentang  sesuatu yang tidak berjalan semestinya dalam taktik Fiorentina.

La Viola perlu memperbaiki penampilan mereka. Sangat bagus fakta bahwa mereka menciptakan peluang lebih banyak daripada klub klub terbaik di Eropa dan ini menjadi PR untuk para striker agar mencetak gol lebih sering. Fiorentina perlu terus meningkatkan permainan untuk dapat perlahan naik menuju posisi klasemen yang akan mengantarkan mereka ke kompetisi liga eropa.

sumber: VIOLANATION

Tidak ada komentar:

Posting Komentar